Garudaboi

 

Lihat, tuh di langit! itu burung!? bukan! itu pesawat!? Bukan! itu…
GARUDABOI!
Yapi, itu Garudaboi, satu-satunya jagoan Indonesia dengan gaya rambut yang 4L4y ‘abis! Garudaboi boleh saja dibilang sebagai “superhero-paling-biasa-seantero-jagad” namun nggak ada yang bisa menyaingi kegokilannya daam membekuk penjahat! Ikuti saja keisengan Garudaboi menghadapi perampok bank, menghadapi alien yang baru menetas, sampai penjahat super Palananas, tentu dengan gaya lebay yang kocak!

GO GO GO GARUDABOI!

By : Galang Tirtakusuma
Published by : KOLONI

Kyyaahhhh…4kh1rny4h quw dp3t k53mpat4n jgah bwat nGrePyu kom1k inich. Quw tucH NgFAANNZZZ bgdz sm4 kom1k stu niichh…!! Mz gal4nk-kun kre3nz Bgdz SiichhHhh!! Kom1knya Gok1lz abieezzz… bk1n quw ngak4k Gg brent1y2. Xixixixixiiiiii….

Mata anda sudah rusak?

B3l0mz?

Bagus. Saya sudah soalnya.
Ngomongin Garudaboi emang ngga bisa lepas dari the ‘4l4yness’, sebuah penyakit fenomenal yang sempat menjangkiti kaum muda di negara kita tercinta ini. Para korban biasanya memiliki ciri ‘in-denial’ akut jika ditanyai “kamu 4l4y ya?”. Seperti masyarakat yang malu jika sampai mengidap penyakit AIDS karena takut disangka penganut faham seks bebas, semua takut jika dituduh mengidap penyakai 4l4y karena disangka norak. Tapi di tangan mas Galang, 4l4yness ini bisa disulap menjadi… semakin norak. Hidup Mas Galang.

FIRST IMPRESSION
Menarik. Hebat. Asoy. Keren. Saepul tampak kolorpul di bagian depan sampul. Sesuai dengan yang disajikan di cover depan yang penuh corak warna, buku ini memang bukan diperuntukkan bagi ibu-ibu yang mau belajar masak. Mungkin lebih tepat buat masyarakat yang sedang terkena cegukan. Dengan membaca buku ini, cegukan akan terlupakan dan berubah menjadi tawa. Kalo nggak ketawa ya, mungkin perlu di baca dua-tiga kali. Anyway, ini pesan pribadi dari saya. Bacaan ini searusnya dilabeli “untuk 3 tahun ke atas”. Mengapa? Karena anak di bawah umur 3 tahun biasanya belum bisa baca 🙂
Garink? Garink? Jangan salahkan saya. Salahkan Garink Tirtakusuma 😛 *minggatsegera*

ART
Antara stabil dan tidak stabil. Antara brilian dan tolol. Antara jenius dan IQ tiarap. Overall : BAGUS. Mayoritas memakai karakter chibi, sesuatu yang khas dari komik-komik komedi. Design karakternya antara serius dan nggak serius. Antara sederhana dan tidak sederhana. Pokoknya campur aduk semua ada dah. :))) Jika di komik-komik sebelumnya saya banyak protes soal background yang ngga jelas, karakter design yang ngga bisa dibedain satu sama lain, tone yang gimana-gimana, dll, untuk komik ini saya BUNGKAM. Art di komik ini PAS. ANGET. SIAP DISANTAP. Walau dalam bentuk chibi, penggambaran karakter mulai dari sifat, detil hingga ekspresi semua tergambar dengan gamblang di komik ini. Ilustratornya betul-betul bermain dengan serius di sini. Goresannya ngga stabil, tapi who cares? Gambarnya tetap jelas dan ngga mengganggu jalan cerita. Bahkan sempet-sempetnya mas Galang mengganti gaya gambarnya di buku kedua–mungkin sebagai bentuk pembuktian kalau dia sebenernya bisa nggambar dengan gaya laen (walau cuma bertahan 2 halaman) :)).

STORY
…saya bisa komentar apa? Ceritanya ngaco? Nonsens? Mustahil banget? Klimaksnya ngga kerasa? Ngga sesuai dengan latar belakangnya? Demn. WHO CARES? Ini komik…LUCU. Dan buat saya sebagai pembaca, itu cukup. Kalau ceritanya ngaco, memang ceritanya ngaco. Kalau nonsens, ya… memang nonsens. Mustahil? Jelas. Klimaksnya nggak kerasa… buat saya ndak penting. Ngga sesuai dengan latar belakangnya… bener banget! Ini yang menjadi kekurangan komik ini! Tidak sesuai dengan latar belakang! Mas Galang, akhirnya bisa kutemukan kelemahanmu! Mwahahahahahaha! Sujudlah di depanku!

ALIEN KAN CUMAN ADA DI NEGARA BARAT.


*naon*.

Becanda. Maaf. Lupakan kata-kata saya yang barusan. Saya sedang menggarink.
Cerita di Garudaboi banyak mengambil latar belakang di Indonesia. Asli. Walau rambutnya si Saepul kuning, tapi kan dia 4l4y, jadi bisa dimaklumi /nooffensebuatyangberambutkuning. Maka, sebagai orang Indonesia yang rendah hati, Mas Galang banyak menyuguhkan joke-joke yang menyindir budaya dan kebiasaan masyyarakat Indonesia. Salah satunya adalah mengenai banyaknya iklan di pertelevisian Indonesia yang terlalu banyak, juga mengenai cinta yang buta terhadap film korea “Meteor Garden”. hebatnya si Mas Galang ini, walau karakternya nambah banyak di tiap serinya, tapi ngga bikin bingung. Semua karakter bisa digambarkan dengan jelas. Kaya si Luna si cewek cantik pendamping Saepul, tapi ngga jelas banget. Saepul yang…gitu deh. Bajuri yang katrok. Bu Intan, ibu kos berjilbab yang baek hati tapi kayanya karatenya udah ban hitam. karakter-karakternya semua menyenangkan. Hell… bahkan saya ngefans sama penjahat-penjahatnya : Palananas/Kalapanas/Palakapas dan Superayam. :)) Intinya sih… ini komik tanpa banyak bicara bakal saya rekomendasikan buat kamu-kamu yang merasa hidup semakin penat. Buku ini akan mencerahkan hidupmu dan menorakkan hari-harimu. Saya adalah salah satu korbannya. Waspadalah. Waspadalah.

Tapi sate yang enak sekalipun pasti ada gosongnya, Dian Sastro sekalipun pasti pernah punya jerawat. Garudaboi ini mengusung joke-joke yang Indo banget. Saya malah jadi ragu, kalau buku ini diterbitin di Malaysia, apa masih ada yang bisa ketawa? Emang ngga semua halaman berisi joke lokal, hanya sebagian besar saja. You know, lain ladang lain belalang. Lain negara lain pula jokenya. Saya berharap, untuk ke depannya, wahai mas Galang Tirtakusuma, supaya Anda bisa mengemas joke yang lebih universal sehingga ketika buku ini diterbitkan di negara lain, orang di sana bisa ketawa dan nama anda tidak berubah jadi Garink Tirtakusuma.

Amin.

About pemerhatikoloni

adalah salah satu pembaca Koloni, Komik Lokal Indonesia, yang ingin membagikan beberapa pendapatnya.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

5 Responses to Garudaboi

  1. Halo mas/mbak pemerhatikoloni,
    Perkenalkan, saya Iqbal dari komikoo.com. Rajin juga nih ngebahas komik Indonesia! Jadi senang bacanya nih. 🙂
    Mungkin bisa dishare dengan kawan-kawan di komikoo.com? Kalau posting di forumnya komikoo.com otomatis muncul di timeline 670-an orang yang me-like fb-page komikoo ( http://www.facebook.com/komikoo ) lho.
    * btw, kayaknya kalau ulasan kayak gini dijadikan fitur rutin di komikoo.com sepertinya bisa saling menguntungkan ya? 😀 *

  2. siip.. ditunggu ya 😀 thanks lo comment saya di-reply..

Leave a comment