1SR6

 

Oh, saya memang tega. Dari dulu mau ngereview komik yang satu ini tapi blom jadi-jadi gara-gara satu dan lain hal (lupa, ngga sempet, males, blom ada ide, lagi sarcasm tingkat 4l4y, dll). Tapi ada baiknya juga saya tahan review saya sampai hari ini. Kalau dulu, pendapat saya terbutakan oleh rasa cinta-Jogja yang l3b4y, tapi setelah beberapa saat mata saya terbuka oleh berbagai diskusi dan komentar dari teman-teman penikmat komik. (Yea, dude. Saya cinta kota saya, jadi kalo mau menambah satu pembaca setia, singgung aja soal Jogja dengan kuantitas 80% dari keseluruhan isi buku *oke,siapasaya*) Okeh, mari bersiap untuk mengupas komik inih. Wahay Matt0 tercintah, kuharap dirimu masih mau bersediya menyediyakan teh sekedarnya kalo saya berkunjung ke rumahmu kelak, walau sudah kuiris bukumu di sini <3~

First Impression
I like this book. Untuk generasinya, buku ini memberikan sinar yang cukup beda dan cerah. Gambarnya shonen dengan detil yang bisa dibilang…e…antara minimal dan maksimal. Minimal karna ekspresi dan penggambaran muka yang ngga lebay, bola matanya ngga sampai 5 senti, garis ekspresi digambarkan dengan cukup sederhana  tapi mengena (Istilahnya, nggambarnya cuma ‘mak crut’ dengan hasil efek yang ‘mak nyos’. Hahahaha)—catet yaw, saya baru sampe ngliad covernya loh, blom ke bagian dalemnya.  Maksimal karena… keren dan detil gituh covernya. Wkwkwk. Ada yang bilang, kualitas covernya mirip sama komik Alive terbitan….elex apa MnC ya—yang critanya soal orang2 yang punya kemampuan khusus noh. Covernya digarap secara manual namun manis dan detil. Di bagian depan ini, saya langsung berharap saya bakal melihat cerita mengenai SEBUAH KELAS. Dan, wow, kelas berandalan, Man. Sekolah seni, lagi. Jarang yang ngangkat tema seperti ini, kebanyakan kalau ngangkat soal sekolah mah sekolah biasa aja tuh, dan fokusnya satu orang aja. Di komik ini saya sungguh berharap bisa melihat satu persatu personality dan cerita hidup anak-anak penghuni 1SR6.

Art
Gue bangeeett… hahaha. Maaf, maaf. Kalau ada yang artnya kaya ginian, saya suka. Yea, secara hierarki saya suka gambar-gambar ala shonen semacam ini. Bukan berarti saya menolak gambar shoujo style, tapi entah kenapa mata ini lebih tahan melihat kepalan tangan dibanding bulu mata—oke, stereotip, maaf sekali lagi J. Secara gambar, saya acungin jempol deh. Khas Matt0 banget. Kalo dijejerin sama komik-komik bergenre serupa, bakal langsung dikenali. Penggambaran efek yang khas komik cowok pun pas-pas aja. Garis putus-putus yang kadang suka nongol pun (buat saya sesuatu yang baru, umumnya komik shonen mah garisnya padat) ngga terasa mengganggu, malah kaya jadi…khas gituh? Karakter disainnya oke, satu sama lain SANGAT bisa dibedakan—walau mungkin karna karakternya sebagian besar Cuma numpang lewat, saya tetep ngga bisa inget mereka satu persatu.

Ada hal kecil yang saya suka. Perhatikan seragam batiknya. Polanya disesuaikan besar keclnya tergantung angle. Merupakan bukti kalo si komikus ini emang rajin banged. Kalo dia males mah udah dari dulu asal teplok, ga usah peduliin perspektif dan berpikiran ‘toh cuman pattern’. 😛 congrats, Matt0. hal kecil kaya gini sudah memikat hati saya. Wkwkwkwk..

Hal yang mengganggu? Ada donk. Meskipun saya udah diperbolehkan ‘ngrampok’ scanlation dari komputer sang komikus sendiri pas saya kunjungan ke Lesehan Studiyo, bukan berarti saya akan menganakemaskan beliau ini :P. Saran saya sih, si illustrator musti banyak gaul sama cewek-cewek lebih sering deh. Saya sebagai cewe pas ngebaca komik ini ngerasa kalau –somehow- ekspresinya rada monoton. Kesan cewe-cewenya di sana kebanyakan centil, imut atau malu-malu walau satu dua ada yang berangasan. Yah… jangan berarti komik shonen trus tokoh cewek jadi rada dinomor duakan. Pada beberapa komik, pembaca laki-laki justru mencari komik shonen buat ‘memanjakan’ mata mereka, deshou? Kalo buat karakterisasi cowok-cowoknya udah oke deh.

Oh ya, ada lagi neh yang saya suka. Garis dia bisa berubah. Berubah bukan dalam arti ngga stabil, tapi dia bisa menyesuaikan diri dengan cerita. Di gambar yang memerlukan kesan hening, dia bikin garisnya tipis. Di gambar yang memerlukan efek tegang, garisnya jadi keras. Dan –buat saya- hal itu ngga mengganggu kenikmatan saya membaca. Overall, ini komik keren abis dari segi art.

Tapiiiiiiiiiii…

Ada komentar dari senior saya. Beliau dengan terang-terangan berkata kalau dia nggak suka gambarnya. Nggak suka bukan berarti gambar 1SR6 ini jeleg, ya. Itu Cuma masalah selera pasar saja. Ya, pasar. Kebanyakan pasar lebih suka gambar yang ‘umum’ dan ‘mudah dicerna’. MUNGKIN hal ini yang membuat salah satu penerbit komik lokal lebih suka menerbitkan komik dengan serial CEWEK bergambar BLING-BLING dan mayoritas bergenre ROMANCE (apaboleh buat wahai para lelaki, rasio cewe dan cowo denger-denger udah sampai 9:1?). Ya, karena mayoritas pasar lebih suka yang semacam itu. Komik-komik semacam 1SR6, BOCAH atau BENGAL kayaknya musti pinter-pinter mengambil celah, lantaran setahu saya, gaya gambar mereka bukan termasuk gaya gambar populer. Tidak, saya tidak memohon anda-anda sekalian yang bergaya gambar ‘khusus’ untuk beralih ke gaya gambar ‘populer’. Tapi seenggaknya, dengarkan keinginan pembaca dulu, baru nanti pembaca akan mendengarkan idealisme anda. Kalo anda pede sama gaya gambar yang sekarang dan tetep yakin bahwa pembaca masih bisa menerimanya, go on guys. Kalo ngga, mungkin ini saatnya untuk belajar memblending antara gaya gambar ‘populer’ dan gaya gambarmu sendiri :P. Yaaa… kalo lu tetep keras kepala make gambar lu sendiri walo tau pembaca ga suka ya jangan salahkan kami kalo bukumu sekali buka langsung dibuang. *sarcasm*

Story
Kesan pertama : BINGUNG. Ya donk. Saya gituh. *halah*

Di depan-depan kan sudah tersirat dan tersurat bahwa komik ini adalah mengenai KELAS 1SR6. Tapi kok di halaman-halaman buku awal yang banyak diungkap kok malah soal seorang individu? Oh, oke, mungkin ini memang soal seorang individu yang bertinggal di 1SR6—begitu pikir saya. Ketika cerita merambat sampai ke tengah, fokus beralih ke kelas. Huh? Di bagian belakang, kembali ke si tokoh ‘utama’ tadi. Yea, mind set saya dipermainkan di sini. Bahasa sederhananya adalah : kurang fokus. Perpindahannya kurang mulus. Di saat-saat saya udah pengen tahu hal-hal mendetail soal si tokoh utama, tiba-tiba fokus saya dipaksa berali ke keadaan kelas. Pas saya mulai menikmati keadaan kelas, eh…di endingnya malah soal si tokoh utama lagi. Dua bagian itu : tokoh utama dan kelas, terasa seperti dua buah cerita yang berbeda tapi dipaksa untuk bersatu. MEMANG tokoh utama adalah bagian dari kelas, tapi ceritanya tidak bergandengan bersama dengan manis.

Trus…ada kelebayan yang kurang pas. Oke, saya paham, kelebayan bisa menjadi bumbu yang asoy kalo dimasak dengan asik. Waktu saya mbaca Mr Fullswing dan Bowling King (keduanya diterbitkan oleh elexmedia), kelebayan semacam muncul di BANYAK halaman. Kalo udah kebanyakan kaya gitu bisa bikin mual. Kalo cuma dikit-dikit, dengan kadar yang stabil dan nyelip di tempat yang tepat, pembaca bakal suka. Di 1SR6 ini, dari awal saya seperti dibawa ke sebuah cerita yang real, yang nyata dan memang ada dan pernah terjadi di belahan bumi entah sebelah mana. Tapi tiba-tiba di tengah cerita tiba-tiba muncul helikopter dan Men In Black entah dari mana dan hal itu rada merusak ‘ke-down-to-earth-an’ yang saya nikmati. Lucu sih…Cuma rada maksa. Kalau emang mau dibikin lebay ya…dari awal dikasih hints-hints lebaynya sekalian gitu, jadi pas ada lebay yang gede, pembaca ngga kaget.

Soal alur cerita, lumayan bisa saya nikmati. 90% deh. 10%nya adalah plot hole yang sampai sekarang bingung gimana cara mengungkapkannya. Gaya berceritanya dinamis, adegan diamnya terasa, adegan fightingnya oke. Joke-joke selipannya saya suka. Nggak jelas tapi lucu :P. Dan hebatnya sih, si komikus ini bisa menciptakan sebuah slogan baru. (Slogan atau apa ya namanya? Semacam ‘istilah’ baru gitu deh).

“Merdeka” = berhasil sampai selesai

Bisa dibaca dari ungkapan-ungkapan : “Apapun yang terjadi, upacaranya harus MERDEKA” atau “Padahal aku sangat ingin upacara ini MERDEKA”.

Kalau anda adalah seorang pembuat produk atau iklan, selamat. Anda sudah membuat sebuah line yang bakal diingat oleh konsumen, saudara Matt0.

Nilai-nilai kepahlawanan dan lain-lain banyak dikupas di sini. Yah, khasnya komik cowo deh, mayoritas nilai perjuangan hidup yang diangkat. Ada nilai salah yang dipegang kuat oleh si tokoh utama hingga setengah buku di awal, tapi saya justru suka. Tidak semua tokoh utama sempurna. Ada kalanya mereka bisa salah jalan dan membutuhkan orang lain untuk ‘meluruskan’ mereka kembali. We’re not perfect. That’s why we need other people to help us. Buat saya pribadi, nilai dari buku ini yang paling kuat saya tangkap adalah…

“Ngga ada loe, ngga rame”

Wakakakakak…

About pemerhatikoloni

adalah salah satu pembaca Koloni, Komik Lokal Indonesia, yang ingin membagikan beberapa pendapatnya.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 Responses to 1SR6

  1. Iya, yang bagian helikopter dan men in black itu mengganggu banget.

    Kata “Merdeka”nya mantap! Di sekolahku kata itu jadi lumayan populer.

  2. mattoHAQ says:

    wah akhirnya keluar (TT) dari kemarin bolak balik cuma dapat punya alfa..
    maksih buat kritikannya, sangat membangun.. saya tuh kalo gak dikasih tau ada yang salah gak bakal tau.. komik berikutnya langsung di review lho…

    tapi kalo komik osa terbit saya ga bakal ngereview.. (saya paling lemah soal ini.. soalnya saya tidak tega ‘membantai’ (padahal tidak tahu apa yang mau dibantai), kalo gak pujian, pasti sanjungan,hehehehe)

    oia, kok gak nongol2 katanya mau main lagi k studio??

  3. BANTAI AJA JEK DD<!!!! *maso.com*

    iya nih ;w; pengennya janjian sama temen2 lain. Si titan katane mau ngobrol sama si…e… sapa tuh? -w-a Bayu? *sukalupa.kom* mau ngubrul soal cerita. Hohoho.

Leave a comment