Confession

Halo, teman-teman šŸ™‚
Sudah sekian lama saya ngga ngereview komik-komik KOLONI terbaru, padahal saya ngakunya sih ‘pemerhati koloni’. Hahaha. ada beberapa alasan yang membuat saya ragu untuk menjentikkan jari di atas keyboard untuk menguliti komik-komik anak bangsa kita ini. Pertama, kebetulan akhir-akhir ini saya rada banyak kegiatan yang bertubi-tubi, jadi waktu untuk sekedar duduk tenang dan menelusuri lembar demi lembar terasa tak ada (waktu kosong sering dipake buat bobo–atau maen gem, ngahahahaaha /bangga /plakk). Alasan kedua, saya TAKUT review-review saya ngga sebanding dengan komik yang sedang saya kerjakan. Takut dibilang SOTOY, padahal bikin komik aja masih pas-pasan. Hahahahahah.

Tapi ada hal yang bikin saya terpana kemarin.

Ketika saya ngunjungin acara Launching Komik Koloni di Mal Ciputra tanggal 26 September 2010, saya ketemu sama Mas Ockto Baringbing sang otak di balik Komik “Merdeka di Bukit Selarong” dan “B.O.C.A.H”. Beliau malah ‘nagih’ review saya (boleh ya maaass, saya pake kata ‘nagih’ šŸ™‚ Ge Er dikit boleh dunk /winks ). Bahkan Mas Suryo yang mbikin komik “SEER” juga bilang, “wah, habis ini komik saya direview juga nggak nih?”–or sumthing like that yang sempat bikin saya megap-megap sejenak. Kalimat sederhana dari orang-orang yang saya kagumi membuat semangat saya tumbuh lagi.

Jadi setelah hari ini, saya akan berusaha mencari waktu buat bertapa, merenungi komik-komik Indonesia yang sedang menggeliat saat ini. Mas Ockto bilang, kita butuh banyak reviewer, karena penulis juga butuh mendengar pendapat pembaca. Biarlah, saya belum menjadi seorang komikus yang baik tapi seenggaknya saya ingin berusaha menjadi seorang pembaca yang baik yang bersedia memberi tanggapan dan harapan untuk komik-komik lokal.

Anyway, saya sempet ngerasa di beberapa review, kata-kata saya rada tajenm dan mungkin berkesan kurang ajar (terutama di bagian komik “Creator Jade”. Maaf ya Mas Alfaaa… /sujud ). Saya juga mohon dukungan teman-teman untuk mengingatkan kalau saya udah mulai kebablasan :))

Semoga review-review saya bisa jadi bahan diskusi yang baik buat kita semua. Amen,

Osa
28 September 2010

About pemerhatikoloni

adalah salah satu pembaca Koloni, Komik Lokal Indonesia, yang ingin membagikan beberapa pendapatnya.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

5 Responses to Confession

  1. Bening says:

    saya setuju ama mas ockto.
    kita butuh banyak reviewer supaya bisa berkembang šŸ™‚
    saya juga suka ngereview, tapi ga serajin kakak XD

    Boleh request?
    ntar review juga yg kompilasi, yg bakal nongol.. XD

  2. Yang kurang ajar sih reviewer tanpa alasan yang kuat dan sekedar bilang, “Komik lu tuh jelek karena begaya xxxxx,”.

    Reviewer/Pengamat/Kritisi yang pedas tapi masih bisa dihargai adalah reviewer yang membaca, menelaah dan bisa menunjukkan apa yang harus diperbaiki di dalam obyek reviewnya. jadi sepedas apapun reviewnya, masih punya poin yang patut dipikirin oleh yang mbikin obyek review.

  3. @mas kutjing: stuju šŸ™‚ tapi saya yang -tengah berusaha jadi- reviewer yg baik bs luput dan salah. Kalo udah mulai GJ tolong saya diingatkan.

    @bening : XD saya usahakan ya. Tapi g bs ceped. Utang review saya byk jg ni. Haghaghag.

  4. asna says:

    yeey bienvenue encore XD
    saran ga penting: mendingan dilist progres bayar utangnya biar pada ga nanyain (dalam hati dan nungguin ga sabar kea saia šŸ˜› ) — kayak bikin komisian gituh heheheh

Leave a comment