SEER

By : C. Suryo Laksono
Penerbit : KOLONI
Harga : (tar saya cek lagi, lama ga beli buku non-diskon)

Begitu saya mbaca sekilas pintas soal komik ini dari Facebook si penulis, saya udah nunggu kapan komik ini bakalan terbit. Tema ‘anak indigo’ yang diusung membuat saya berharap yang macem-macem dari komik ini. Maklum aja sih, saya dulu pernah mbaca artikel soal anak indigo yang dianggep sebagai ‘anak yang berpikiran lebih luas daripada umurnya’ atau ‘anak ajaib’, ditambah lagi dengan cerita Titan yang sempet rada stress waktu kerja di lembaga yang ngurusin anak-anak indigo. Pikir saya, ‘anjis, berani banget. Tema anak indigo teh beraaaatt…’. Tapi habis saya membuka lembar demi lembar, kayaknya anggepan saya salah :P…. Bukunya ngga berat-berat amat ternyata. Tapi tetep dalem.

First Impression

Di Facebooknya, si penulis sempet majang beberapa sample cover SEER. Goresannya sempat mengingatkan sama “Monster”, karyanya Naoki Urasawa. Dan ternyata waktu launching, si penulis emang ngaku kalau dia penggemarnya mas Urasawa :). Wajar doonkk… saya jadi tambah ngarep sama komik ini. Apalagi ditambah dengan tampang tokoh utama yang digambarkan sebagai anak yang… well… gimana cara ngomongnya ya? Si tokoh utama ini cara mandangnya kaya males banget, ga peduli sama sekeliling dan seakan ‘sekedar hidup karena harus hidup’. Paass…banget di mata saya XD. Heghegheg. Pas covernya keluar, eh ternyata beda dari harapan. Satu sisi emang lebih bagus dari segi teknik, sisi lain saya kurang suka soalnya muka si tokoh utama ga terekspos, padahal saya suka banget. Haghaghag. Tapi ini pendapat (dan egoisme) pribadi aja sih. Cover barunya lumayan oke kok. Minimal orang yang ngambil buku ini di rak buku bisa langsung tahu kalau buku ini emang bagus (dari sisi kualitas) dan bertema ‘cukup’ serius.

Art
Gambar dalamnya… simpel. Ngga ribet dengan terlalu banyak arsiran atau detil. Beberapa orang mungkin lebih suka gambar yang justru ‘ribet’ dan terlihat ‘indah’, tapi buat saya, justru kesederhanaannya yang membuat ceritanya lebih menonjol. Yang saya kagumi dari komik ini adalah paneling dan pemilihan angle. Cara saya untuk menilai panelling dan angle komik punya orang adalah: apakah ketika saya membaca komik tersebut, ada waktu bagi saya buat mengerutkan kening? Kalo nggak ada, berarti komik itu ‘lumayan lulus’ 😛 Dan pas saya mbaca komik ini, Alhamdullillah NGGA PERNAH saya berhenti di satu halaman buat mencela. Wkwkwk.
Walau demikian, tetep aja selama membaca komik ini, saya harus bertahan untuk tidak terganggu dengan satu hal: toning. Komik ini memang punya kesan ‘dalam dan serius’ walau berusaha diungkapkan dengan gaya yang ringan, mungkin itulah yang menyebabkan  toning yang bergradasi dan abu-abu bertebaran di sana-sini. Jujur saja, sampai sekarang saya juga masih bingung, apa yang menyebabkan mata saya kurang bisa beradaptasi dengan toning abu-abu ini. Sejauh ini yang bisa saya temukan adalah :
1. bentuk tone yang mirip. Walau kerapatannya berbeda, tapi bentuk tone yang mirip… tetep aja mirip! Jadi kadang-kadang satu benda dengan benda yang lain kelihatan ‘ngeblend’ walau kalau diperhatikan bener-bener sebenarnya ya nggak ngeblend-ngeblend amat.
2. pemotongan tone yang kasar. Terutama di bagian bayangan baju atau awan. Saya masih inget, temen saya sampe bilang “bikinnya pake mouse nih. Habis motongnya kaku banget,” sambil menunjuk ke gambar close up di bagian belakang buku. Kita emang ngga bisa menyalahkan diri sendiri, keterbatasan alat memang suatu saat bisa jadi kendala. Tapi bukan berarti kita bakal bertahan dengan kelemahan itu, no? :3

Selebihnya sih… oke. Saya ngga terganggu juga sama pemilihan angle dan lain sebagainya 🙂 Karakter satu dan lain bisa dibedain dengan baek. Kostum dan lain-lain… sip. Ngga luar biasa banget tapi juga ga parah XDD (maaf, kepaksa nyinggung soal ini, soalnya ada beberapa pembaca sempat protes mengenai kostum yang ‘ngga matching’ di salah satu komik lokal).

Story
Walau ketika saya lihat rancangan cover awalnya saya teringat Naoki Urasawa, tapi ketika membaca komiknya, saya teringat anime Kino no Tabi (Kino’s Journey). Mengusung konsep yang sama: perjalanan seorang anak dari kota ke kota dan mendapat sebuah kesimpulan dari setiap kota yang dia singgahi. Ngga bisa dibilang menjiplak juga karena cerita yang diusung memang berbeda sekali dengan Kino no Tabi. Dengan alasan dasar mencari adiknya yang hilang, berlatar belakang Indonesia tahun 2375, Abi–sang anak indigo tokoh utama cerita ini, berkelana dari kota ke kota berbekalkan kemampuannya berteleportasi yang didapat dari…er…penelitian di masa lampau? (wow! saya berhasil mbikin loglinesnya! 8DDD *halah*)

Ke-indigo-an anak ini bisa dilihat dari cara dia berpikir yang jauh di atas usia orang-orang di sekitarnya. Well…saya sempet ngarep si anak ini punya kelebihan yang lebih daripada itu sih 😛 bisa terbang atau liad setan gitu–ndak, becanda. Saya seneng sama setiap cerita di komik ini dan bersorak gembira waktu tahu cerita ini bersambung. Berarti saya bisa baca lebih banyak cerita yang serupa. Awalnya saya ngga terbiasa dengan hal-hal ‘aneh’ yang terjadi di awal-awal cerita, misalnya tentang seorang pegawai negara yang dikejar-kejar hendak dihukum mati lantaran MENCURI AYAM. Tapi begitu saya baca, saya mulai bisa paham. Cerita ini mengandung banyak simbolisme-simbolisme yang mengacu pada dunia kita. Pada awalnya mungkin kita bisa menertawakan hal-hal tersebut ( “plis deh, nyolong ayam aja sampe kudu dibunuh segala”), tapi di akhir cerita yang ada justru kita ketawa miris karena merasakan adanya kesamaan antara cerita ‘konyol’ ini dengan ‘sesuatu’ di dunia kita. Dan berita baiknya adalah, orang yang ngga bisa mengkait-kaitkan cerita di buku ini dengan dunia nyata karena ngga punya informasi yang cukup pun masih bisa menikmati cerita tersebut tanpa merasa terganggu. Kalau boleh milih sih…cerita favorit saya soal negeri robot di bagian akhir, lalu tokoh favorit saya tuh si robot penjaga Negri Bubu XD. Biarpun ‘cuma’ robot yang ngga bergerak sama sekali, entah kenapa si penulis dan penggambarnya bisa banget menggerakkan emosi saya.

Ada perasaan baru yang muncul, yang belum saya dapatkan dari komik-komik Koloni terdahulu : perasaan bahagia melihat angka ‘1’ di cover depannya. Yang berarti : “Wow, masih ada lanjutannya! Aseeekkk…” Buat seorang komikus, mungkin pikiran pembaca yang demikian adalah sebuah pencapaian yang luar biasa :3 Ndak banyak lho komikus yang bisa membangkitkan rasa penasaran dari pembacanya. Selamat Mas Suryo dan segenap rekannya! Kalau SEER 2 udah terbit, minimal sampeyan udah dapet 1 pembaca setia :)) : saya.

 

Other review :

– By Peter Prabowo

About pemerhatikoloni

adalah salah satu pembaca Koloni, Komik Lokal Indonesia, yang ingin membagikan beberapa pendapatnya.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

11 Responses to SEER

  1. aku suka sama komik ini ^^ (>_<) jalan ceritanya dalam!!! (jadi pingin ikutan bikin komik ^^)

  2. weee, Osa dah ngereview lagi 🙂

    iya nih, waktu dibilang kyk Naoki Urasawa saya sebetulnya kaget plus kagum ternyata ada yang bisa kyk gitu. Tp setelah dibaca sih sebetulnya ga kerasa Urasawanya, soalnya setahu saya komik Urasawa ga sefiksi itu tapi masih deket banget ama kenyataan segimanapun liarnya imajinasi dia

    malah saya lebih ngerasa kyk komik Eatman yang berjalan ke berbagai kota dgn misteri terbesar adalah siapa itu Eatman? cuman ternyata setelah temen sy baca dia nyeletuk “ah ini mah bukan naoki urasawa, tp kayak kino no tabi” persis seperti yang Osa pikirkan. Cuman karena saya ga pernah tahu kino no tabi jadinya tadinya ngirain kyk komik Eatman.

    terus kelemahan utama yang saya sesalkan (ini pribadi yah) karena telah membawa-bawa nama naoki urasawa seperti yang pernah saya katakan langsung ke Suryo sang pengarangnya adalah background yang ga jelas kita berada dimana. Salah satu kehebatan Urasawa adalah dgn seting masa depan pun masih kerasa kita sedang berada dimana, nah di SEER ga keliatan ada dimana. Entah kenapa saya ngerasa se disaster apapun masa depan pasti ada beberapa hal yang tetap intact dgn tempat asal, ya kecuali suryo bisa memberikan penjelasan yang baik. Cuman kelemahan cerita panjang kyk gini kan nyebelin misal keputus di tengah jalan jadi ga keungkap semuanya.

    tapi overall sudah bagus kok

    *ini saya jadi ngereview dikit di reviewan orang kyknya

    nb: ayo Osa, masih banyak utang review komik koloni kamu sepertinya, wkwwkwk

    • sabar mas, sabaaaaarr XD wkwkwkwkwk Ini juga lagi ngebongkarin koloni yang dulu2.

      Yah, sekali lagi sih… ini kaya Kino no Tabi 😛 Coba mas Ockto kalo ada kesempatan, ngeliat itu pelem. Cuman 6-7 cd kalo ndak salah, plus 1 movie. Pasti langsung inget SEER deh. Penggambaran backgroundnya juga ngga detil2 amat, tapi ya lumayan jelas lah. Minimal kita tahu dia lagi ada di ruangan apa walau nggak tahu dia ada di ‘kota seperti apa abad berapa pastinya’. jadi rada-rada surealis gitu XD.

      Eniwei, ngomongin soal naoki Urasawa dan masa depan, jadi inget PLUTO ndak sih?

  3. fjarkun says:

    waduh pertamanya saya gangerti lama kelamaan jadi ngerti
    komik Indo ga kalah deh sama Jepang

  4. Riku says:

    CERITANYA MUANTEP~~~!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    **lompat2 kegirangan**
    aku nggak sabar nunggu lanjutannya!!!!!!!!!!!! >,<dddddd

  5. Risa Syarif says:

    \>o.< ini sebelum saya bener-bener merhatiin detil gambarnya dan tentu aja jalan ceritanya). apalagi melihat komik-komik terbitan penerbit ini (koloni) yang isinya (kadang) sebenernya ga lolos cetak (maaf =P).

    tapiiii, setelah saya baca isinya dan merhatiin detil gambarnya (walo saya ga benar-benar mendalami ini, pernah belajar bikin komik tapi ga dilanjutin T^T, dan cuma mempelajari artwork dari manga yang saya baca aja), saya sukaaa, hehehe bener banget kata yang empunya review ini, tapi beberapa kekurangan di sana-sini memang biasa terjadi di komik pertama, karena adanya review semacam ini komikus jadi tau apa yang pembaca mau (setidaknya, walo ga semua pembaca bikin review macam ini, tapi kalo membangun pasti yang suka dan baca komik SEER juga setuju lah ohohohoho), komik ini menjadi salah satu komik yang masuk waiting list saya, semoga perbaikan2 di kancah perkomikan indonesia terus dilakukan dan membawa komikus indonesia menjadi komikus yang punya karakter tersendiri, sehingga dengan liat covernya aja kita bisa tau ini komik buatan siapa hohoho

    viva komikus indonesia lah…
    ohohohoho ^_^d

Leave a comment